Gear Andalan Untuk Dokumentasi

Lensa SEL 16mm + Adapter
Lensa SEL 16mm + Adapter

Hampir semua orang sekarang kecanduan untuk mendokumentasikan apa saja pengalaman atau kejadian yang mereka alami baik itu terencana maupun tidak. kecanggihan Perangkat Teknologi seakan – akan menjadi kebutuhan primer manusia abad ini, secara pribadi saya sempat addict banget dengan yang namanya peralatan Fotografi mencoba berbagai macam lensa, aneka aksesoris yang mendukung agar hasil foto bisa seperti para profesional termasuk membeli perangkat mini studio (Lighting, Reflector dan lain sebagainya).

Beberapa Aplikasi dari Sony
Beberapa Aplikasi dari Sony

Sampai akhirnya saya menemukan pasangan sejati dan mencoba setia dengan keadaan saat ini baik suka maupun duka (ciee.. ciee..). Mirrorless adalah jenis kamera yang saya pakai saat ini dan selalu saya bawa kemanapun saya pergi, enteng & tidak mencolok menjadi alasan mengapa saya jatuh cinta dengannya, selain itu dengan kemampuan yang sama bahkan bisa lebih dari kemampuan kamera SLR, Jenis Kamera Mirrorless yang saya pakai juga didukung oleh Teknologi Wifi dan Fitur Aplikasi yang disediakan oleh Pengembang sebut saja seperti Time Lapse, Star Trail, Motion Shot dan Teknik2 sulit lainnya yang mungkin perlu latihan serius jika menggunakan Kamera SLR, dengan Mirrorless semua menjadi lebih simple & mudah.

Sony Alpha, ya walaupun saya tidak di Endorse oleh pihak Sony untuk menulis postingan ini tapi setidaknya saya ingin berbagi dan mengklarifikasi bahwa saya tidak menggunakan Go Pro untuk Selfie Syariah bersama istri hehehe. Kenapa Klarifikasi (seperti artis saja)? soalnya sering sekali dua kali ketika foto yang saya Upload dari Mirroless di Medsos ada saja komen yang mengangkat nama action cam Go Pro ini (mungkin saya pake Monopod yg dikira Tongsis) secara Go Pro kan identik sekali dengan Tongsis.

Klarifikasi bukan Protes ya, saya pribadi juga pernah mencoba dan masih memiliki Go Pro edisi awal dan tau keterbatasan dari action cam tersebut, keterbatasan yang paling tidak bisa ditolerir adalah Go Pro tidak didesain untuk menggunakan Lensa – lensa tambahan alias hanya mengandalkan digital Lens (Internal lens) seperti halnya Pocket Kamera & Smartphone.

Mirrorless Sony yang ingin saya Share juga tidak bergantung pada seri melainkan pada Lensa yang digunakan. seperti halnya judul diatas Gear andalan yang menjadi Favorit saya saat ini adalah Lensa Sony SEL 16mm + Adapter. Ini Istimewanya Sony dibanding Brand Lain Adapter Lensanya acceptable dengan segala jenis merk Lensa baik itu Canon, Nikon, bahkan dengan Mounting Lensa – Lensa Jadul seperti M42, M39, FD, MD dll.

Untuk adapter yang saya Gunakan sendiri adalah Sony Ultra Wide Converter (VCL ECU1) dan Fish Eye Converter (VCL ECF1), Lensa dan 2 adapter ini sudah berhasil membuat saya puas karena hasil foto bisa seperti apa yang saya inginkan.

Bagian paling penting selain Gear yang Keren adalah kemampuan dasar fotografi yaitu Komposisi, Sudut & Pencahayaan, jika sudah menguasai 3 hal tersebut saya rasa tidak terlalu sulit untuk menemukan pasangan sejati alias Gear andalan yang bisa mengabadikan gambar sesuai dengan apa yang diinginkan. initinya sih maksimalin apa yang ada tapi jika mampu untuk memiliki sesuatu yang memang pas dihati maka itu layak diperjuangkan, hindari membeli gear yang mahal tapi tidak sesuai dengan kebutuhan (kecuali kamu pedagang) hehehe bisa dijual kembali.

Berikut beberapa Foto yang dihasilkan dari Kombinasi Mirrorless Sony Menggunakan Lensa Sony 16mm dan Adapter VCL ECU / VCL ECF

VCL ECU1-Pohon
VCL ECU1-Pohon
VCL ECU1-Ocarina
VCL ECU1-Ocarina
VCL ECU1-Bukit Tinggi
VCL ECU1-Jam Gadang
VCL ECF1-Treasure Bay
VCL ECF1-Lagoi
VCL ECF1-Handerson Wave
VCL ECF1-Handerson Wave
VCL ECF1-Turi Beach
VCL ECF1-Turi Beach
Advertisements

10 Comments Add yours

  1. sarah eyie says:

    Luar biase bagusnye die punye hasil foto…

    1. Jogie says:

      Makasih sudah berkunjung mbak sarah..

  2. bjo says:

    terima kasih infonya.. gambarnya apakah masih tetap tajam setelah ditambah converter?

    1. Jogie says:

      Kalau ketajaman tentu tidak setajam dengan lensa Wide Angle / Fish Eye tanpa adapter om, tapi buat saya ini sudah acceptable buat budget dan hasil yg saya inginkan :)

  3. wenceu says:

    asik yaaa om. harganya boleh di share om?

    1. Jogie says:

      Harga Lensa Sony Sel 16mm sekitar 1-1.2 Juta, untuk Converter Masing2 Sekitar 1.5-1.7 Juta.. Lumayan yah.. hehehe

  4. Dian Radiata says:

    Terbukti.. hasil fotonya kece badai!

    1. Jogie says:

      Asyekk.. dikunjungi blogger kece badai, trims mbak dian

  5. Syahrul says:

    Mantabs prend…

    1. Jogie says:

      Trims pren.. Tour Bareng ke Bukit Jeddih yah hehhe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s