The Future of Us

Free Entry
Free Entry

Beberapa saat yang lalu Batam yang merupakan Kota kelahiran saya mengadakan Pameran Batam Tempo Dulu yaitu sebuah pameran yang menampilkan perkembangan Kota Batam dari waktu ke waktu. Pameran ini adalah sebagai bentuk edukasi historis kepada masyarakat Batam. Komunitas Batam Heritage Society ingin menyampaikan bahwa Batam, yang sekarang dikenal sebagai kota industri, tidak muncul begitu saja.

Pameran ini sendiri sudah kali Ke-3 dilaksanakan di Kota Batam Upgrade atau perkembangan dari Event ini hanya menampilkan sekitar 500 Koleksi Foto mulai dari Batam sebagai pusat ketemanggungan di tahun 1781-1811 hingga masa otonomi daerah kelima 2011-2016.

Pada jarak yang tidak terlalu jauh di Singapore juga melaksanakan Pameran Histori Perkembangan Negara Singapore seiiring dengan Hari Kemerdekaannya yang ke 50. disini saya bukan mau melebih – lebihkan apalagi merendah – rendahkan cuma ingin berbagi kesan saja melihat bagaimana pelaksanaan Event kedua acara tersebut.

tidak terlalu muluk saya rasa kalau Batam berkaca kepada Singapore walau ibarat pepatah mengatakan Lain Ladang Lain Belalang, lain Lubuk Lain Ikannya. Batam dan Singapore yang jarak tempuhnya hanya 1 jam memang berbeda, ya Iyalah itukan sebuah Negara & Sebuah Kota. disini kita coba review perbedaaan dari satu hal kecil saja seperti Mukadimah diatas tentang sebuah event Edukasi yang sama sama menampilkan Histori Pembangunan sebuah Peradaban.

Timeline
Timeline

The Future Of Us, itulah tema dan Wahana yang baru saja di Launching oleh Pemerintah Singapore untuk mengedukasi masyarakat Lokal maupun Wisatawan tentang Sejarah dan Impian Warga Singapore yang sudah dibuat Site Map nya oleh Pemerintah. Wahana ini adalah Dome ke-3 yang dibangun di Tempat Wisata Garden by The Bay.

Memasuki area Pintu Masuk saya sudah menyaksikan Bagaimana antusiasnya Para Pelajar untuk bermain dan belajar di Wahana Ini, Study Tour yang penuh dengan Euforia Kebahagiaan & Kebangaan sebagai Warga Negara Singapore sangat bisa tergambar disini.

Iri rasanya kalau saya melihat ke Kota Kelahiran saya.. Event Batam Tempo Dulu Kurang Bergema rasanya dan kurangnya antusias masyarakat untuk sekedar Berkunjung melihat2, yah ramai karena diadakan di Mall.

memasuki area area wahana yang lain saya hanya bisa kagum sambil mengelus dada, 1 jam perjalanan bisa beda begini ya.. Semua Area dipenuhi dengan Pameran Multimedia interaktif yang terus membuat decak kagum dengan Kreatifitas Pengelola Wahana.

Full Multimedia
Full Multimedia

Bisa terbayang saat melihat masa depan dari Singapore dengan Maket Plan kehidupan dan Gaya Hidup mereka beberapa tahun kedepan, pengeloaan Makanan yang sarat Teknologi, Kecanggihan Otomotif, Perumahan yang Futuristik.. wahhhh gile lu Ndro… 1 Jam perjalanan bagai langit & Bumi hahaha..

Futuristic
Futuristic

Ya Sudahlah, setidaknya kalau kita mau belajar dan mau maju tak perlu jauh – jauh belajar, Singapore bisa dijadikan Referensi Maju Pesatnya Sebuah Peradaban. Saya Warga Batam Saya Bangga Menjadi Warga Indonesia.

The Lion
The Lion

Aniway.. Wahana Ini Gratis Bok… Ga Kayak disini ada warga Mau Foto di Wahana ecek – ecek Welcome To Batam aja diawasi Preman yang senantiasa memantau untuk mencari Sesuap Nasi, mana Lokasi sudah mau dijadikan Hotel & Apartemen pula… apa Kata Warga Batam? :D

Mudah – mudahan Pemerintahan yang baru setelah Walikota Baru Dilantik Bisa membuat Rencana Pengembangan Kota Batam dalam bentuk Visual yang bisa menjadi Gambaran akan jadi apa Batam Kedepan.

jadi apa pesan dari cerita ini? silahkan disimpulkan sendiri ya…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s